Minggu, 26 Januari 2020

JENIS TARI TOPENG CIREBON YANG KIAN LANGKA

0 komentar

JENIS TARI TOPENG YANG KIAN LANGKA

Hasil gambar untuk TARI TOPENG CIREBON

Tari Topeng adalah salah satu tarian tradisional Indonesia. Indonesia adalah negara yang kaya akan kebudayaan tradisional. Negara ini memiliki kesenian tradisional yang sangat beragam, seperti tarian-tarian daerah. Tarian pada setiap daerah memiliki keunikan sendiri-sendiri. Salah satu tariana asli dari Indonesia yang cukup unik adalah tari topeng.

Tari topeng Cirebon adalah salah satu tarian di wilayah kesultanan Cirebon. Tari Topeng Cirebon, kesenian ini merupakan kesenian asli daerah Cirebon, termasuk Subang, Indramayu, Jatibarang, Majalengka, Losari, dan Brebes. Disebut tari topeng karena penarinya menggunakan topeng di saat menari. Pada pementasan tari Topeng Cirebon, penarinya disebut sebagai dalang, dikarenakan mereka memainkan karakter topeng-topeng tersebut.

Tari topeng berasal dari Cirebon. Tarian ini dipentaskan oleh penari yang memakai topeng. Salah satu keuniannya adalah memiliki karakter yang berbeda-beda. Penari yang mementaskan tari topeng disebut Dalang. Tarian ini dipentaskan oleh satu orang penari dan juga bisa dipentaskan beberapa orang penari. Bagi Anda masyarakat Jawa Barat, tentunya Anda sudah tidak asing dengan istilah Tari Topeng. Ini adalah salah satu tarian tradisional yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Sebenarnya, apa itu Tari Topeng dan seperti apa bentuk dan makna di dalamnya? Nah, untuk Anda yang ingin tahu, kali ini akan disuguhkan informasi lengkap mengenai tari ini. Sudah penasaran seperti apa, langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Kesenian tari topeng merupakan satu dari sekian banyak kesenian adat yang saat ini masih eksis di Cirebon. Tari topeng menjadi kesenian juga digunakan sebagai media dakwah penyebaran ajaran islam pada masa Sunan Gunung Jati. Maka dari itu karakter – karakter dalam tari topeng memiliki arti konotasinya tersendiri yang menggambarkan fase – fase kehidupan manusia serta mengandung hikmah lain yang menjadi tontonan menghibur dan mendidik untuk masyarakat.

Masing – masing karakter membawa peranan tersendiri dalam tarian topeng. Selain itu artinya pun sangat dalam dengan warna dan ukiran topengnya yang menggambarkan arti masing – masing karakternya. Tari topeng masih eksis hingga saat ini sebagai tarian tradisional Cirebon yang indah. Anda bisa melihat pertunjukan tari topeng di berbagai upacara adat hingga teater yang sering diadakan di Cirebon. berikut ini adalah beberapa karakter beserta artinya dari tari topeng Cirebon yang bisa anda ketahui.

Lazimnya berbagai daerah di Nusantara, Cirebon juga memiliki tarian tradisional yakni Tari Topeng, yang memiliki beragam jenis dengan keunikan dan maknanya masing-masing. " Tari topeng itu simbol perjalanan hidup manusia sebenarnya, jadi jenis-jenisnya itu maknanya perjalanan hidup," ujar Fitria, pemilik sekaligus pelatih sanggar Chandra Kirana,Cirebon. Fitri memaparkan kini tarian tersebut sulit ditemukan. Menurutnya hanya beberapa lokasi dan acara yang masih menyemarakkan beberapa tarian tradisional Cirebon tersebut. Baca juga : Sentilan Politik dalam Tari Topeng Regina, salah satu penari Cirebon, dalam kesempatan yang sama berharap generasi sekarang masih mengerti akan tarian-tarian tradisonal daerahnya. Keduanya mengakui, Cirebon sendiri dalam tari topengnya punya banyak jenis yang menarik untuk dipelajari. Dalam sekali penampilan tari Topeng Cirebon, memakan waktu sekitar 20 menit. Tiga Topeng Kelana, untuk tarian topeng khas Cirebon, yang mulai langka.

Pada umumnya, dalam tarian ini terdapat lima buah topeng yang berbeda yang digunakan oleh penari. Nah, setiap topeng memiliki karakter masing-masing. Berikut ragam jenis tari Topeng Cirebon, yang kini mulai langka:


1.Tari Topeng Panji

Tari Topeng Panji

 Tarian jenis ini melambangkan kesucian anak yang baru lahir. Motif topengnya berwarna putih bersih, hanya ada mata, hidung, dan mulut, belum ada guratan lain. Gerakan tari jenis ini masih sangat sederhana, hanya "adeg-adeg", menggunakan baju dan atribut serba putih.

Tarian jenis ini menggambarkan betapa sucinya seorang anak yang baru lahir. Gerakan tarian juga terkesan sederhana, halus serta lembut dengan menggunakan topeng berwarna putih serta hanya terdapat mata, hidung, mulut tanpa guratan lain. Baju dan atribut yang digunakan biasanya serba putih. Seperti sebuah kata bijak yang mengatakan bahwa semua manusia terlahir bagai selembar kertas putih.


 2.Tari Topeng Samba

Tari Topeng Samba.

 Jenis tarian ini melambangkan perkembangan balita atau kelincahan manusia di masa kanak-kanak. Gerakannya mulai genit, lincah, dan lucu tetapi, kurang luwes atau masih ragu. Wujud topengnya sudah mulai ada goretannya, warnanya pink keputihan. Untuk kostum sendiri berwarna hijau daun.

Kalau jenis yang satu ini menggambarkan fase ketika seseorang sudah mulai memasuki dunia anak-anak. Tak heran jika gerakan tarian topeng samba ini cenderung lincah, lucu, dan genit, meski juga terkesan masih ragu dan kurang begitu luwes. Untuk topengnya biasanya menggunakan yang berwarna pink agak putih dan mulai terdapat guratan.


3. Tari Topeng Rumyang

Tari Topeng Rumyang

 Tari topeng ini punya ukiran sederhana, dengan warna dasar merah muda. Tarian ini memiliki makna remaja yang sudah mulai mencari jati dirinya. Akan terlihat dari gerakannya yang "labil", dengan pengulangan-pengulangan. Tari Topeng Cirebon yang diperankan oleh satu tokoh, dan kawan-kawannya dari Sanggar Langen Sejati di Kelapa Manis.

Tarian topeng rumyang ini menggambarkan seseorang saat sudah mulai memasuki usia remaja atau akil balig dan masih mencari jati diri. Gerakan tarian jenis ini biasanya cenderung labil dengan adanya pengulangan-pengulangan. Topeng yang digunakan berwarna dasar merah muda dan dilengkapi dengan ukiran sederhana.


4.Tari Topeng Tumenggung

Tari Topeng Tumenggung

 Tari topeng tumenggung  ini menggambarkan manusia yang sudah menginjak dewasa dan telah menemukan jati dirinya. Sikapnya tegas, berkepribadian, bertanggung jawab dan memiliki jiwa korsa yang paripurna. Topengnya berkumis, dengan banyak guratan yang berwibawa. Kostum penari berwarna hitam, yang bisa bijak menyesuaikan dengan warna mana pun, seperti makna sikapnya. Dalam struktur kerajaan, tumenggung merupakan patih atau panglima perang.

Penggambaran manusia yang telah menginjak dewasa dan sudah menemukan jati diri bisa  dilihat dari tarian topeng tumenggung. Tarian ini syarat akan sikap yang tegas, bertanggung jawab, serta bijaksana. Topeng yang digunakan memiliki kumis serta guratan-guratan berwibawa. Untuk kostumnya sendiri biasanya penari mengenakan warna hitam. Bila dilihat dari struktur kerajaan, tumenggung ini memiliki makna sebagai panglima perang atau patih.


5.Tari Topeng Kelana

Tari Topeng Kelana.

Tari topeng kelana  Memiliki ukiran topeng yang paling rumit, juga banyak ikatannya di atas topeng. Topeng dan kostum penari berwarna merah. Tariannya agresif dan enerjik karena merupakan akumulasi gerakan dari semua tari topeng tadi. Tarian ini melambangkan sifat angkara murka yang terdapat dalam manusia. 

Topeng kelana atau topeng rahwana ini merupakan bentuk visualisasi dari watak manusia yang ambisius, serakah, serta penuh amarah. Topeng ini memiliki ukiran yang paling rumit dengan banyak ikatan pada bagian atas topeng. Penari topeng kelana biasanya akan mengenakan kostum dan topeng berwarna merah dengan gerakan tarian yang enerjik serta agresif karena merupakan akumulasi dari semua gerakan tari topeng sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar