Kamis, 19 Desember 2019

Upaya Melestarikan Kesenian Tari Topeng

0 komentar




Upaya melestarikan Tari Topeng


Upaya melestarikan Tari Topeng
Kebudayaan memegang peranan penting dalam kemajuan suatu bangsa. Negara memajukan Kebudayaan Nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dan menjadikan Kebudayaan sebagai investasi untuk membangun masa depan. Keberagaman Kebudayaan daerah merupakan kekayaan dan identitas bangsa yang sangat diperlukan untuk memajukan Kebudayaan Nasional Indonesia di tengah dinamika perkembangan dunia. 
Dalam menjaga dan melestarikan budaya lokal yang ada dalam masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara. Beberapa cara yang dapat dilakukan oleh seorang anggota masyarakat khususnya kita sebagai generasi muda dalam mendukung kelestarian budaya dan ikut menjaga budaya lokal diantaranya adalah :
1. Mau mempelajari budaya tersebut, baik hanya sekedar mengenal atau bisa juga dengan ikut mempraktikkannya dalam kehidupan kita. Dalam kalimat ini kita sebagai warga Negara Indonesia khususnya para kaum muda dan mudi , harus ikut serta dalam melestarika suatu kebudayaan dan kesenian dari tanah air (Indonesia).
2. Ikut berpartisipasi apabila ada kegiatan dalam rangka pelestarian kebudayaan. Salah satunya adalah ikut serta entah itu menjadi penonton ataupun peserta berpartisipasi itu penting demi kemajuan kebudayaan dan kesenian Indonesia,sehingga kebudayaan dan kesenian itu tidak ditinggal dan diambil alih oleh Negara atau bangsa lain.
3. Mengajarkan kebudayaan itu pada generasi penerus sehingga kebudayaan itu tidak musnah dan tetap dapat bertahan.karena itu kita sebagi generasi muda harus bisa menyempatkan untuk melestarikan kebudayann dan kesenian bangsa Indonesia , sehingga kebudayaan kita tidak musna dan mati apalagi diambil alih oleh bangsa atau Negara lain.yang meneybabkan adanya pergesekan yang membuat dari kedua belah pihak tidak nyaman.
4. Mencintai budaya sendiri tanpa merendahkan dan melecehkan budaya orang lain.pada kalimat ini kita mengetahui bahwa mencintai budaya sendiri tampa harus melecehkan kebuyaan orang lain sangatlah indah .Dimana kita bangga akan budaya kita dan saling bertoleransi dengan sesama bangsa dan Negara yang memiliki kebudayaan dan kesenian yang berbeda .
5. Mempraktikkan penggunaan budaya itu dalam kehidupan sehari-hari, misalnya budaya berbahasa. Dalam kalimat ini berebahasa yang baik merupakan salah satu kunci menggunakan atau menerapkan kebudayaan dalam kehidupan yang baik. Karean bangsa Indonesia memiliki bahasa yang satu, yaitu bahasa Indonesia , karana itu seharusnya bangga dan selalu menerapkan dalam bertutur kata untuk menggunakan bahasa yang baik  dan benar.
6. Menghilangkan perasaan gengsi ataupun malu dengan kebudayaan yang kita miliki. Dari kalimat ini hilangakan gengsi dan amalu dengan kebudayaan dan kesenian yang kita punya , walaupun diera yang modern ini banyak sekali kebudayaan – kebuyaan dan kesenian – kesenian dari laur atas arus atau pengaruh dari globalisasi yang membuat generasi muda lupa akan kebudayaannya sendiri,dan lebih mencintai atau menyukain budaya lain diantaranya adalah : brigdance , dance Kpop, RnB, dan lain-lain.
7. Menghindari sikap primordialisme dan etnosentrisme . tetapi dalam kalimat ini kita harus mengindari sikap primordalisme dan etnosentrisme yang dimasudnya adalah kita tidak boleh terlalu mencintai kebudayaan dan kesenian yang menyebabkan kebudayaan dan kesenian dari Negara lain dianggap tidak lebh baik yang menyebabkan lunturnya nilai toleransi terhadap perbedaan antar kebudayaan dan kesenian bangsa atau Negara lain.
8. Ajarkan budaya kepada orang lain. Kenalkan kebudayaan dan kesenian Indonesia ke mancan Negara segingga kebudayaan dan kesenian Indonesia semakin eksis dikanca nasiaonal atau pun iternasional yang mebuat kebudayaan dan kesenian Indonesia dilihan dan dianggap ada dalam Negara kita ,yang telah kita jaga dari nenek moyang kita terdahulu kita lestarikan dan kita jaga.
Salah satu kebudayaan dan kesenian yang harus kita lestarikan adalah Tari Topeng , kesenian yang muncul dan berkembang pada abad 10 s/d 11 M ini masih eksis berada di berbagai kegiatan kesenian . yang membuat kesenian ini tidak terjadi kepunahan dalam menjadi kebudayaan dan kesenian Indonesia , tak sedikit pula kebudayaan dan kesenian yang punah di makan oleh jaman dan arus globalisasi yang diterima oleh masyarakat Indonesia ,terutama para generasi muda dan mudi anak bangsa Indonesia.
Karena itu  gelar acara kampaye budaya yang diselenggarakan oleh yayasan Belatara Budaya Idonesia yang bertema ;

Tunjukan Indonesiamu!

Yang di adakan pada tanggal 2 s/d 4 Agustus 2019 lalu , yang berlokasi di Jakarta.
Tunjukkan Indonesiamu merupakan kampanye budaya yang diselenggarakan oleh Yayasan Belantara Budaya Indonesia di setiap tahunnya. Tahun ini Yayasan Belantara Budaya Indonesia bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero) melalui anak perusahaannya yaitu, PT Pertamina Internasional EP dengan tema yang diangkat adalah Bhinneka Tunggal Ika, Yayasan Belantara Budaya Indonesia dan PT Pertamina Internasional EP bersama sama menunjukkan kepeduliannya terhadap pelestarian budaya terutama melestarikan tari tradisional sejak tahun 2018 dengan mewujudkan sekolah tari tradisional gratis di Cirebon. Dan hingga saat ini dapat terus bersama sama bergandengan melakukan kampanye pelestarian Budaya Indonesia yang melibatkan masyarakat Indonesia secara lebih luas.
Tunjukkan Indonesiamu yang merupakan inisiatif Yayasan Belantara Budaya Indonesia. Diselenggarakan dalam rangka untuk menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan juga sebagai wujud pelestarian budaya serta tradisi Indonesia khususnya dalam seni tari dan musik tradisional. Yayasan Belantara Budaya Indonesia sendiri memiliki 2158 siswa tari yang terbagi dalam 12 sekolah tari. Satu diantaranya merupakan sekolah tari tradisional gratis yang bekerjasama dengan PT Pertamina Internasional EP.
Rangkaian acara Tunjukkan Indonesiamu! terdiri dari talkshow terkait wastra Indonesia dan peragaan busana dari desainer lokal Indonesia, seperti Dhara Clothing, Kampung Mode, beserta demo make-up dari Beauty Queen by Mustika Ratu yang diselenggarakan pada 2 Agustus 2019. Selain itu, acara ini juga menampilkan UKM produk Indonesia, seperti Kreasi Masyarakat baduy, Kriti-Nays Ethnic-Nadi, Laku Clothing, Minyak Balur Kutus-kutu serta dimeriahkan oleh beragam penampilan musik dan tari tradisional Indonesia hingga perlombaan permainan tradisional khas kemerdekaan sejak tanggal 2 -4 Agustus 2019 di Atrium F3, fX Sudirman Jakarta.
Acara puncak akan diselenggarakan pada 4 Agustus 2019 dengan menampilkan flashmob 2000 penari tradisional, pementasan tari dan kirab penari tradisional. Acara ini akan dibuka secara simbolik dengan membuka payung Geulis Tasikmalaya bertuliskan INDONESIA hasil kerja sama dengan Festival Payung Indonesia dan juga menampilkan 100 penari Kabasaran Minahasa.
Peran berbagai pihak untuk turut mensukseskan acara ini sangat besar, khususnya PT Pertamina sebagai perusahaan energi terbesar di Indonesia. PT Pertamina tidak hanya fokus menjalankan bisnis dan aktifitas perusahaan semata namun PT Pertamina melalui anak perusahaannya PT Pertamina Internasional EP yang beroperasi di Luar Negeri memiliki misi untuk melestarikan kebudayaan nasional khususnya tarian tarian tradisional dan keraton keraton di Indonesia serta memperkenalkan kekayaan nusantara hingga ke mancanegara. Oleh karena itu program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina Internasional EP berfokus pada aspek budaya yakni Pertamina Budaya yang dilandasi pada kesadaran penuh bahwa budaya sebagai identitas bangsa Indonesia. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat Indonesia dapat terus menjadi masyarakat yang mencintai kebudayaannya sendiri dan bersemangat pada persatuan dalam keberagaman.
Bawa Kainmu! Bawa Selendangmu! Tunjukkan Indonesiamu! Bhinneka Tunggal Ika!



0 komentar:

Posting Komentar