Kamis, 19 Desember 2019

PERUBAHAN SENI TARI TOPENG DI ERA MODERN

0 komentar


Tari topeng yang berasal dari Cirebon Jawa Barat ini tidak sekedar perwujudan dari karakter yang menakutkan sehingga menyimpan banyak rahasia. Seni tari topeng ini masih sangat terjaga sampai saat ini untuk menemukan jati diri dibalik topeng tersebut.




Tari topeng sendiri sudah sangat menyatu dengan adat istiadat masyarakat setempat sehingga membantu mendorong perekonomian . Dari seni tari topeng ini membentuk generasi para penari, komunitas pengrajin topeng, serta masyarakat penikmat tarian. Diindonesia yang memiliki tradisi tari topeng yang cukup mapan adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura, Nusa Tengggara Barat, Sumatra Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Jakarta, dan Papua.






Tari topeng bukan hanya sebagai tontonan semata tetapi juga mengandung simbol-simbol berbagai aspek kehidupan seperti kesederhanaan, keadilan, kesabaran, kebenaran, kesuburan, pengetahuan, berjuang untuk cita-cita, cinta dan kesetiaan, kedamaian, spiritualitas, nilai-nilai kepemimpinan, kebijaksanaan, kepatuhan terhadap nenek moyang, atau bahkan angkara murka. Tetapi tari topeng merupakan media komunikasi yang positif dan bisa di nikmati oleh berbagai kalangan. Perbedaan kebudayaan diIndonesia sangat di kagumi oleh negara lain, salah satunya adalah seni tari tradisional yang ada di berbagai daerah. Tari tradisional dilambangkan sebagai ciri atau simbol dari adat istiadat dari setiap daerah tersebut.






Namun lambat laun kesenian tari topeng dan kesenian tari lambat laun mulai memudar, bahkan bisa dibeberapa daerah hampir hilang dikarenakan terjadinya perubahan jaman dan kebiasaan masyarakat, ditambah masuknya tarian tarian modern dari luar negeri. Bahkan beberapa seni tari yang asli berasal dari Indonesia diambil alih oleh negara negara lain.Kesenian tari topeng yang dulunya sangat kental dengan berbagai pengiring musik yang unik sekarang sudah tergantikan hanya dengan lagu lagu yang di putar dari alat alat elektronik yang ada lebih mudah di kemas untuk dipertunjukan di berbagai tempat. Bahkan beberapa hotel memilih seni tari topeng untuk di tampilkan sebagai salah satu hiburan untuk para pengunjung yang kebanyakan pengunjungnya warga asing. Karena seni tari topeng ini bersifat universal sehingga para wisatawan bisa menikmatinya dengan mudah tanpa harus terlibat secara mendalam. Dan bahkan sekarang tari topeng dikemas sesimple mungkin untuk di kirim ke luar negeri yang di akan di jadikan pertunjukan atau persembahan perwakilan dari Indonesia dalam wujud misi promosi pariwisata dan kebudayaan. Reputasi pertunjukan tari topeng sudah sangat baik dan terkenal di dalam negeri bahkan di Luar negeri.





Di era modern sekarang seni tari topeng ini banyak generasi muda yang tidak mengenali, bahkan untuk sejarahnyapun banyak yang tidak mengetahuinya. Mereka lebih mengenali bahkan menyukai tarian-tarian modern seperti modern dance, hip-hop, dan break dance bahkan untuk menonton pertunjukannyapun sudah jarang ada yang mau apa lagi untuk mempelajari tariannya. Keberadaan tari topeng sekarang hanya dijadikan sebagai pertunjukan hiburan saja. Tidak seperti dulu yang dijadikan sebagain bagian dari upacara adat yang sakral dan sangat di hormati karena berfungsi sebagai penghormatan kepada leluhur atau nenek moyang dan dijadikan sarana untuk tolak bala. Sekarang peminat tari topeng mulai memudar , bahkan dengan seiring berjalannya perkembangan zaman jumlah penari topeng pusat seperti Cirebon, Betawi, Banyuwangi,Solo mulai langka. Meskipun ada tapi hanya sedikit. Namun beruntungnya keberadaan tari topeng masih bisa di jaga untuk di lestarikan, dan masih di kenal di berbagai daerah oleh semua kalangan bahkan masih diminati oleh masyarakat. Bukan hanya masyarakat lokal yang mempelajari seni tari topeng bahkan turis asingpun banyak yang tertarik dan ingin mempelajari tentang seni tari topeng tersebut.






Selain itu, sekarang fungsi topeng sudah berubah. Tak hanya sebagai media seni sakral, tetapi beralih fungsi menjadi handicrft saja. Perubahan zaman sangat mempengaruhi keberadaan seni tari topeng di Indonesia ini. Sekarang banyak sekali turis asing yag datang ke Indonesia hanya untuk memperlajari seni tari topeng tersebut. Orang luar saja bangga terhadap kebudayaan kita seperti seni tari topeng masa kita sebagai warga Indonesia tidak bisa menjaga atau tidak mau mempelajari berbagai kebudayaan, kesenian, contohnya seperti seni tari topeng. Seharusnya kita khawatir jika warna asing sudah mulai tertarik bahkan ingin mempelajari kesenian di Indonesia, bisa bisa kebudayaan Indonesia yang beragam ini di Klaim oleh Negara negara asing.





Seni tari tradisional seperti seni tari topeng memiliki beberapa ciri khas seperti kostum, alat musik, lagu daln lain-lain. Dengan seiringnya waktu banyak sekali perubahan karena beberapa faktor yang terjadi. Alat musik yang tadinya memakai alat tradisional dari logam seperti gamelan dan lainnya, sekarang di ringkas menjadi sangat lebih sederhana yaitu hanya menggunakan alat elektronik untuk mengiringi tariannya. Seni tari topeng dan seni tari lainnya merupakan ciri khas asli yang seharusnya dijaga secara turun menurun, karena mengandung unsur magis dan terdapat upacara pembukaan yang cukup sakral. Seni tari topeng adalah tari yang telah baku oleh beberapa aturan tertentu. Dalam kurun waktu yang sangat panjang telah disepakati bahwa aturan baku itu diwariskan secara turun menurun melalui generasi ke generasi. Seni tari topeng perjalannya sangat panjang sehingga bisa bertahan sampai detik ini dan cukup populer di berbagai kalangan bahkan di kalan para wisatawan asing yang datang berkunjung ke Indonesia. Seni tari ini biasanya sangat kental dengan pola gaya tari atau style yang dibangun melalui sifat kedaerahannya yang dibangun sudah dari sejak lama.


Pagelaran tari topeng yang pada zaman dahulu biasanyanya di pentaskan di ditempat terbuka berbentuk setengah lingkaran, seperti dihalam rumah, di tenda pesta atau di panggung sederhana dengan obor sebagai penerangannya tetapii dengan berkembangnya zaman dan tekhnologi yang semakin canggih, seni tari topeng pada masa modern sekarang juga masih dipertunjukan tetapi dengan tempat yang lebih baik seperti gedung pertunjukan yang cukup bagus dan mewah dengan penerangan lampu listrik sebagai tata cahaya dan latar yang lebih indah.


baca juga:


Pagelaran seni tari topeng biasanya dilaksanakan satu malam atau bahkan lebih dari satu malam. Jika dilaksanakan hanya satu malam biasanya dilaksanakan pada pertunjukan acara hajatan individu untuk ikut memeriahkan acara hajatan tersebut. Adapun pagelaran yang dilaksanakan lebih dari satu malam seperti pagelaran komunal yang merupakan acara pagelaran yang dilaksanakan untuk kepentingan bersama masyarakat, sehingga hampir seluruh masyarakat di suatu tempat atau daerah setempat ikut unyuk berpartisipasi dalam acara pagelaran ini. Acaranyapun tidak dilakukan secara sederhana tetapi dilakukan secara mewah dan spektakuler dengan adanya arak-arakan dalang, atraksi seni dan lainnya. Selain itu ada juga pagelaran bebarangan yang merupakan acara pagelaran keliling kampung yang inisiatifnya datang dari dalang topeng itu sendiri, biasanya dilakukan oleh dalang topeng ke wilayah- wilayah desa yang sudah melaksanakan panen, atau datang ke kota karena desanya belum panen karena kekeringan atau sedang sepi penduduknya.

0 komentar:

Posting Komentar